Kegunaan Bunga Lotus/Seroja Bagi Kesehatan Pertumbuhan Dan untuk Obat


Kegunaan  Bunga Lotus/Seroja Bagi Kesehatan Pertumbuhan  Dan untuk Obat 

Apabiala anda merupakan salah satu orang yang menyukai bunga, mungkin anda tidak akan asing lagi dengan bunga lotus/seroja ini. Namun apakah anda tahu kalau ternyata bunga ini dapat bermanfaat bagi kesehatan kita? Ya nanti kita akan coba mengulas sedikit tentang berbagai manfaatnya bagi kesehatan manusia.

Bunga lotus/seroja ini biasa hidup pada daerah berlumpur, kolam atau daerah rawa. Menurut sejarahnya bunga ini berasal dari negara india dan vietnam. Akantetapi sekarang ini bunga ini sudah banyak kita temukan di indonesia.




Banyak masyarakat yang memanfaatkan bunga ini untuk menghiasi kolam di pekarangannya, karena saat anda menanam bunga ini maka akan menambah keindahan di kolam pekarangan anda. Bunga ini mempunyai warna warni yang menarik seperti merah, pink, putih, biru dan ungu sehingga tanaman ini akan menambah hidup suasana rumah anda.
Di negara india masyarakat disana dapat memanfaatkan rimpang dari bunga lotus/seroja ini sebagai salah satu bahan makanan. Akan tetapi mengkonsumsi rimpang dalam keadaan mentah dapat menjadi perantara menularnya sejenis parasit bernama trematoda. Untuk itu janganlah mengkonsumsi rimpang bunga tersebut apabila tidak tau cara pengolahannya.

Di india biji dari bunga lotus/seroja ini dapat di jadikan bahan pembuat kue. Ini di karenakan kandungan tepung yang terdapat dalam bunga lotus ini sangat tinggi. Masyarakat disana dapat mengolah biji menjadi tepung yang berkwalitas untuk bahan roti. Sedangkan biji bunga lotus/seroja yang masih muda dapat di jadikan bahan untuk minuman seperti  layaknya teh.

Masyarakat disana juga memanfaatkan batang bunga ini sebagai salah satu menu masakan. Menurut mereka tumis dari bunga ini mempunyai rasa yang enak dan lezat untuk lauk sehari hari. Daun buga lotus ini di manfaatkan oleh masyarakat untuk pembungkus ikan atau makanan.

Setelah di lakukan beberapa penelitian bunga ini mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut beberapa ulasan singkat tentang manfaat bunga lotus ini:

1.Sebagai anti oksidan
Bunga lotus ini mempunyai kandungan fenolat, alkaloid, tokofenol, flavonoid, fenolik dan saponin. Dengan banyaknya kandungan dari bunga lotus ini bunga ini bisa di jadikan anti oksidan alami yang sangat baik bagi kesehatan.
Ø  Ekstrak rimpang dari bunga ini dapat berguna untuk membersihkan radikal karbon yang ada di dalam tubuh manusia.
Ø  Pada biji bunga ini mengandung senyawa kimia yang dapat menangkal radikal bebas.
Ø  Kandungan fenolik dan tokofenol dalam bunga lotus dapat menekan perkembangan kuman yang ada di dalam tubuh.

2.Sebagai  obat Hepatitis B
Senyawa aktif dalam bunga lotus seperti armepavine, merupakan senyawa yang dapat memiliki efek antifibrotic yaitu dengan mengaktifkan jalur anti-NF-kappaB. Senyawa ini juga berperan aktif dalam mengurangi parameter metabolik dalam fibrosis hati, dan dapat membantu mengobati penyakit hepatitis B.

3.Menambah sistem Kekebalan Tubuh
Ekstrak rimpang dan ekstrak biji bunga lotus ini dapat meningkatkan fagositosis dan juga dapat membantu inflamasi kekebalan tubuh. Ekstrak biji ini juga dapat meningkatkan fungsi ginjal dengan penurunan deposisi kompleksimun dan hypercellularity glomerulus.

4.Mencegah Infeksi Virus
Kandungan senyawa yang ter dapat dalam bunga lotus bisa mencegah berbagai macam penyakit yang di sebabkan dari virus, bakteri dan jamur. Salah satu kandunga senyawa dari bunga ini adalah etanol yang berfungsi menghambat perkembangan virus herpes. Kandungan Alkaloiddan flavonoid dari ekstrak daun Dapat membantu mencegah perkembangan virus HIV AIDS. Selain itu, kandungan senyawa alami yang terdapat dalam daun lotus memiliki sifat anti jamur.

5. Dapat membantu mencegah obesitas
Kandungan etanol dalam ekstrak daun lotus dapat membantu merangsang lipolisis di jaringan adiposa viseral dan subkutan yaitu dengan melibatkan beberapa jaringan seperti reseptor beta-adrenergik yang dimediasi dalam proses pengeluaran energi dan pencegahan obesitas.

6.Mencegah Diabetes
Ekstrak etanol yang terdapat pada rimpang bunga lotus dapat secara efektif membantu dalam meningkatkan toleransi terhadap glukosa serta efektifitas insulin, sehingga hal tersebut dapat membantu tubuh dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Sedangkan ekstrak quercetin dan glikosida yang terdapat dalam daun bunga lotus dapat menghambat enzim yang berkaitan erat dengan terjadinya komplikasi akibat diabetes.

Demikian uraian singkat tentang berbagai manfaat bunga lotus ini bagi kesehatan. Karena kurangnya sumber yang kami dapatkan kami tidak dapat menyampaikan yang lebih lengkap. Karena kekurangan ini kami minta maaf dan semoga tulisan secuil tadi dapat memberi sedikit ilmu untuk anda. Salam sehat untuk kita semua..aminn

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Kegunaan Bunga Lotus/Seroja Bagi Kesehatan Pertumbuhan Dan untuk Obat "

Posting Komentar