Manfaat daging Bekicot bagi Tubuh Kita

Manfaat daging Bekicot/siput mungkin belum banyak orang yang tau. Karena bekicot selama ini di anggap sebagai hewan hama oleh para petani. Hal ini di karenakan bekicot sering memakan tanaman para petani, selain itu pertumbuhan bekicot saat musim penghujan juga sangat banyak. Ketika populasinya yang semakin banyak ini membuat hewan ini menjadi hama dan menjadi musuh para petani.


Dari sumber yang kami temukan bekicot/siput mempunyai nama latin Achatina Fulica, bekicot juga masuk ke dalam genus Achatina yang merupakan bagian dari filum Mollusca dan merupakan genus Gastrophoda. Ternyata bekicot/siput ini berasal dari daratan afrika, yang kemudian tersebar ke seluruh dunia karena terbawa dalam proses perdagangan. Karena hewan ini kecil dan mudah berkembang biak membuat populasi siput saat ini sangat banyak.

Mungkin bagi petani bekicot ini merupakan hama, namun ada juga orang yang memanfaatkan bekicot/siput ini untuk ternak. Selain dapat di konsumsi daging bekicot juga bermanfaat bagi mkesehatan tubuh manusia. Sejak jaman kekaisaran romawi ternyata bekicot sudah menjadi makanan konsumsi yang mewah.

Di negara perancis bekicot mempunyai nama escargot, yang ternyata merupakan menu andalan di salah satu restoran terkenal di negara tersebut. Di Indonesia sendiri bekicot juga popular untuk dikonsumsi, dengan cara dibuat sate bekicot dengan tambahan bumbu kacang. Selain itu, teman dekat dari bekicot, yaitu tutut, juga popular untuk dikonsumsi, biasanya tutut dibuat menjadi sup dengan tambahan bumbu rempah – rempah ala Indonesia.

Suatu penelitian telah menyebutkan bahwa daging bekicot mempunyai kandungan gizi yang cukup bagus bagi kebutuhan manusia. Di dalam 100 gr daging bekicot mengandung 12% protein hewani dan hanya mengandung 1% lemak, Sehingga dapat mengganti kebutuhan akan daging merah sehari-hari. Selain itu daging bekicot juga mengandung asam amino, cangkangnya juga mengandung kalsium. Secara detail, protein yang ada sekitar 12 gram/ 100 gram, lemak 1%, hidrat arang 2%, kalsium 237 mg, fosfor 78 mg, Fe 1,7 mg, dan vitamin B komplek (terutama B12).

Setelah kita bahas kandungan dari daging bekicot ini mari kita bahas tentang berbagai manfaat daging bekicot ini bagi kesehatan kita. Berikut ulasan singkatnya yaitu:

1.Baik untuk Perkembangan Otot

Bagi anda yang sedang ingin membesarkan otot, mengkonsumsi bekicot sangat baik, karena kandungan asam amino dan protein hewani di dalam bekicot sangat tinggi. Sudah tau kan beberapa faktor cara membesarkan otot adalah dengan menambah konsumsi protein harian anda.

Bagi anda yang tidak dalam program membesarkan otot mengkonsumsi bekicot juga bermanfaat untuk menambah kebugaran dan kekeuatan fisik anda, ini di karenakan kebugaran dapat bertambah dengan mengkonsumsi protein hewani yaitu salah satunya dengan mengkonsumsi bekicot ini.

2.Menyembuhkan Penyakit TBC dan Asma
Sebenarnya belum ada penelitian secara ilmiah yang mengatakan bahwa zat – zat yang terdapat pada daging bekicot dapat menyembuhkan penyakit asma. Namun terdapat beberapa kasus dan testimoni dari masyarakat luas mengatakan bahwa daging bekicot dapat membantu proses dalam menyembuhkan penyakit asma.
Berikan daging bekicot secara rutin pada penderita asma, maka lama kelamaan, gejala asma dari si penderita akan menghilang, dan akhirnya si penderita asma tersebut sembuh. Sudah banyak sekali yang sudah sharing pengalaman tentang manfaat daging bekicot ini.

Masih dari penyakit yang menyerang bagian pernapasan dan membuat sesak nafas, ternyata daging bekicot juga dapat membantu anda yang terserang penyakit TBC. Secara logika, apabila bekicot bisa menyembuhkan asma, maka ada benarnya daging bekicot juga dapat membantu penyembuhan penyakit TBC, yang notabene juga menyerang bagian pernapasan.
Sudah banyak juga testimony dari pasien TBC yang mengatakan bahwa daging bekicot mampu membantu penyembuhan dari penyakit TBC.

3.Menyembuhkan Penyakit Gatal dan Penyakit Kulit

Banyak Masyarakat yang percaya bahwa dengan mengkonsumsi daging bekicot, akan membuat penyakit gatal – gatal dan penyakit kulit yang mereka derita sembuh. Namun tetap saja masih belum ada penelitian ilmiah yang mendukung hal tersebut. Tapi kepercayaan masyarakat tersebut memiliki kekuatan tersendiri, sehingga banyak yang mengaku bahwa setelah mengkonsumsi daging bekicot, penyakit gatal – gatal yang mereka derita bisa hilang.

Bekicot dapat di jadikan hidangan berupa sate bekicot, dengan tambahan bumbu kacang. Di Jawa Timur, sate bekicot ini dipercaya dapat menyembuhkan gatal – gatal dan penyakit kulit lainnya, seperti kudis dan kutu air.

4.Meredakan Panas Dalam

Bekicot/siput dapat di olah menjadi makanan seperti sop yang berkuah banyak. Biasanya kuah ini di racik dari rempah-rempah andalan indonesia, seperti jahe dan kunyit. Mangkonsumsi sup bekicot/siput yang berkuah rempah ini ternyata memiliki manfaat tersendiri. Selain anda bisa mendapatkan manfaat yang sudah disebutkan diatas, sup ini juga dapat digunakan untuk meredakan panas dalam.

5.Baik untuk Pengobatan Liver dan Hepatitis

Saat anda mencoba untuk pengobatan alternatif, biasanya anda akan di anjurkan untuk mengkonsumsi tanaman atau hewan tertentu. Hewan yang biasanya di gunakan untuk pengobatan alternatif salah satunya adalah bekicot/siput ini. Pasien yang di anjurkan untuk mengkonsumsi bekicot adalah pasien yang menderita penyakit liver dan hepatitis.

6.Menyembuhkan Luka yang Masih Baru

Untuk menyembuhkan luka, ambil satu ekor bekicot lalu cuci bagian cangkangnya dengan air sampai bersih. Setelah itu, potong bagian ujung cangkang yang berbentuk lancip. Tidak usah terlalu panjang, kira-kira setengah sentimeter saja. Lalu  akan keluar cairan lendir dari lubang cangkang itu. Oleskan pada bagian luka, biarkan sementara waktu dan luka akan mengering dengan sendirinya.

7.Menyembuhkan Sakit Gigi

Untuk sakit gigi, teteskan cairan/lendir tersebut pada kapas lalu sumbatkan kapas tersebut pada bagian gigi yang bolong dan sakit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat daging Bekicot bagi Tubuh Kita"

Posting Komentar